6 Fakta Tentang Misteri Jaelangkung yang Harus Diketahui Orangtua

6 Fakta Tentang Misteri Jaelangkung – Jaelangkung atau permainan memanggil arwah sebenarnya adalah permainan dolanan anak-anak pada masa lalu yang kemudian berubah menjadi permainan mistis yang cukup berbahaya. Sehingga sebaiknya para orangtua mengetahui  6 Fakta Tentang Misteri Jaelangkung ini agar dapat memberi edukasi kepada anak-anaknya.

jelangkung; jelangkung meaning; jelangkung 2019; jelangkung 1; tusuk jelangkung; kalung jelangkung;jelangkung full movie; jaelangkung; spot-misteri; jelangkung seram; jelangkung show; jaelangkung show; jelangkung adalah; jelangkung lucu;jelangkung 2; jelangkung 3
Jaelangkung by caffeinesoup

Tidak dapat dipungkiri, jika anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan keinginan melanggar larangan sangat kuat. Terlebih lagi, di jaman milenial seperti sekarang ini, dimana informasi tentang berbagai hal sangat mudah diperoleh. Hanya dengan mengetik kata kunci yang dicari, maka Mbah Google akan segera menyajikan informasi yang lengkap dari berbagai sumber.

Sebagai orangtua, sebaiknya kita memperoleh informasi tentan permainan Jaelangkung ini terlebih dahulu agar dapat memberi edukasi kepada anak-anak. Tidak hanya melarang, melainkan juga memberi pengetahuan tentang manfaat dan resiko permainan tersebut.

Nah, berikut ini adalah ulasan spot-misteri tentang 6 Fakta Tentang Misteri Jaelangkung yang Harus Diketahui Orangtua.

Jelangkung atau Jaelangkung

“Datang tak diundang, pulang tak diantar.”
Kalimat diatas merupakan kalimat popular yang menggambarkan salah satu permainan mistis yang menjadi legenda di Indonesia ini. Dan, cerita tentang Jelangkung seolah menjadi cerita tutur yang banyak dibicarakan dalam forum-forum non formal. Terlebih lagi, sudah banyak film-film tentang Jelangkung ini. 

Berikut ini adalah 6 fakta misteri tentang Jelangkung.

1.    Asal Usul Jaelangkung

Konon, permainan Jelangkung ini sudah ada sejak jaman dahulu kala yang berasal dari salah satu kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa bernama Cai Lan Gong atau Kakek Keranjang Sayur.

seperti kita ketahui, masyarakat Tionghoa adalah masyarakat yang menghormati dan menjunjung tinggi leluhur mereka sehingga permainan ini dilakukan untuk memanggil Poyang dan Moyang yang sudah meninggal guna melindungi anak-anaknya. 

jelangkung; jelangkung meaning; jelangkung 2019; jelangkung 1; tusuk jelangkung; kalung jelangkung;jelangkung full movie; jaelangkung; spot-misteri; jelangkung seram; jelangkung show; jaelangkung show; jelangkung adalah; jelangkung lucu;jelangkung 2; jelangkung 3
Jaelangkung by dunia seram

Roh leluhur tersebut dimasukan ke dalam boneka kayu yang dilengkapi tangan dan alat tulis. Ketika  roh sudah bersemayam, maka boneka kayu itu bisa bergerak dan menjawab pertanyaan dengan cara menuliskannya ke dalam kertas yang disediakan.

2.    Jaelangkung sebagai dolanan jaman dulu

Sebagai satu permainan, Jelangkung merupakan permainan yang cukup berbahaya karena berhubungan dengan arwah atau roh yang berada di dunia lain. Terkadang, roh-roh yang datang adalah roh-roh penasaran yang meninggal secara tidak wajar.

Karena meninggal tidak wajar, maka roh-roh tersebut mau datang tapi pulangnya ingin diantar dengan mengajukan berbagai persyaratan. Nah, ketika para pemain Jelangkung ini tidak sanggup memenuhi persyaratannya, maka roh-roh ini akan datang mengganggu mereka.

Sehingga sebaiknya, saat memainkan permainan ini didampingi oleh orang dewasa yang mengerti tentang perilaku roh-roh gaib atau roh penasaran dan mampu membimbingnya pulang kembali.

3.    Peralatan bermain Jaelangkung

untuk bermain Jelangkung alat utama yang diperlukan adalah sebuah boneka kayu yang terbuat dari batok kelapa dengan kayu dan jerami serta alat tulis. persyaratan pendukung lainnya ini yang sebaiknya jangan dilakukan apabila Jelangkung hanya untuk permainan saja. 

jelangkung; jelangkung meaning; jelangkung 2019; jelangkung 1; tusuk jelangkung; kalung jelangkung;jelangkung full movie; jaelangkung; spot-misteri; jelangkung seram; jelangkung show; jaelangkung show; jelangkung adalah; jelangkung lucu;jelangkung 2; jelangkung 3
Peralatan Jelangkung by dunia seram

Karena syarat-syarat ini memungkinkan datangnya roh halus. Syarat terebut adalah tanah kuburan sebagai media, lalu jajan pasar 7 rupa,  kembang 7 rupa, kopi pahit dan manis, teh pahit dan manis, serta air putih, masing-masing satu gelas.

4.    Mantra Pemanggil Arwah

"Datang tak dijemput, pulang tak diantar” merupakan penggalan dari mantra pemanggil roh untuk masuk ke dalam tubuh Jelangkung. Mantra selengkapnya adalah sebagai berikut.

"Jalangkung Jalangset di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan. Jaelangkung Jaelangset datang gak di jemput pulang tak di antar."

5.    Film Jaelangkung

Cerita tentang permainan mistis Jelamgkung ini menjadi semakin terkenal setelah diangkat ke layar lebar.
  • Jelangkung 1 dan 2   
  • Tusuk Jelangkung di tahun 2003
  • Jelangkung 3 di tahun 2007 
  • Cai Lan Gong pada tahun 2015
  • Dan, kemungkinan masih akan muncul film tentang Jelangkung lainnya.
     

6.    Ritual Pemanggil Arwah

Indonesia memang Negara yang kental dengan nuansa mistis yang terdapat dalam seni dan budayanya. Tidak hanya Jaelangkung saja, tetapi terdapat banyak ritual pemanggil arwah lainnya baik untuk kepentingan pertunjukan seni maupun kepentingan lainnya.

dalam seni pertunjukan tercatat ada Tarian Nini Towok, Kuda Lumping atau Jaran Kepang atau ritual pemanggilan arwah sebelum pementasan tari topeng serta pemanggilan roh menggunakan media manusia lainnya.

Jaelangkung Show

Pada tanggal  8 September 2019 di Kampung Romantis Bareng Kulon, Malang diselenggarakan acara Jaelangkung Show dalam rangka Grebeg Suro. Berbeda dengan Jaelangkung diatas, Jaelangkung Show ini lebih menekankan pada sisi edukasi permainan mistis ini kepada anak-anak.




Berikut ini adalah beberapa video tentang Jaelangkung Show yang sebaiknya Anda tonton agar lebih memahami tentang permainan mistis berkaitan dengan arwah ini. jangan lupa setelah menonton video ini, silahkan subscribe atau like ya..

Penutup

Sobat misteri, itulah ulasan spot-misteri tentang 6 Fakta Tentang Misteri Jaelangkung yang Harus Diketahui Orangtua.  Lebih baik mencegah daripada mengobati. itulah yang sebaiknya kita lakukan sebagai orangtua, mengingat permainan mistis ini cukup berbahaya.

Salam Misteri..


Tidak ada komentar