25 Mitos Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Beserta Penjelasannya

25 Mitos Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Beserta Penjelasannya - Dahulu, ketika kita masih kecil atau masih dalam asuhan dan bimbingan orangtua, banyak pantangan dan larangan yang tidak boleh kita lakukan terutama saat berada di rumah. Pantangan dan larangan itu terkadang tidak masuk akal sehingga kita sering membantah atau melanggar pantangan tersebut. Namun, setelah melanggar pantangan dan larangan tersebut lalu merasakan sendiri dampak yang diakibatkan perbuatan kita, barulah kita menyadari bahwa larangan dan patangan tersebut benar adanya.

Seiring perjalanan waktu dengan bertambahnya usia dan kedewasaan kita, ternyata apa yang pernah dilarang oleh orangtua kita meskipun terdengar aneh dan asing di telinga kita tetapi mempunyai maksud dan tujuan yang baik.

Jika dulu, orangtua kita hanya sekedar melarang saja tanpa memberikan alasan yang jelas, maka sekarang sebaiknya kita dapat menjelaskan kepada anak-anak kita tentang alasan mengapa kita melarangnya melakukan perbuatan tersebut. Karena anak-anak jaman sekarang semakin cerdas dan kritis serta memiliki rasa ingin tahu yang besar.

25 Mitos Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Beserta Penjelasannya

Berikut ini adalah 25 Mitos Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Beserta Penjelasannya yang selama ini menjadi mitos bagi kita yang saya kumpulkan dari berbagai sumber khususnya para orangtua, antara lain adalah :

#1. Jangan duduk di depan pintu akan susah dapat jodoh

Mitos Pantangan dan larangan ini biasanya diperuntukkan bagi seorang gadis, hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti atau mencegah agar sang gadis tidak duduk di depan pintu rumahnya. Pantangan ini muncul karena pada jaman dulu ada kebiasaan para wanita yang suka mencari kutu atau melakukan tradisi Nginang dengan cara duduk berjejer di depan pintu. Kebiasaan itu berlangsung turun temurun sehingga sang bapak merasa terganggu lalu membuat larangan ini.

Sedangkan alasan yang benar dari larangan ini adalah jika kita duduk di depan pintu maka akan menghalang-halangi orang yang akan keluar masuk rumah termasuk tamu yang datang ke rumah kita termasuk tamu yang akan melamar sang gadis.

#2. Jangan bawa bantal keluar rumah nanti akan diikuti hantu

Mitos tentang pantangan ini dibuat dengan alasan etika, karena kebiasaan anak yang sedang tidur atau berbaring di kamarnya ketika mendengar sesuatu dari luar rumah yang menarik perhatiannya lalu bergegas keluar rumah sambil membawa bantal atau guling.

Sehingga orangtua membuat pantangan ini disertai dengan ancaman "akan diikuti hantu" agar anaknya tidak lagi membawa bantal saat keluar rumah.

#3. Jangan duduk di atas bantal nanti bisulan

Mitos tentang pantangan ini dibuat untuk mencegah kebiasaan anak yang sering duduk di atas bantal. Karena sering diucapkan oleh orangtua sehingga pantangan ini menjadi sugesti bagi anak sehingga saat dilanggar akan bisulan beneran.

Alasan sebenarnya adanya pantangan ini adalah untuk membentuk rasa hormat pada diri anak sehingga dapat menghargai benda yang biasa kita gunakan dan menempatkan pada fungsinya. Jika bantal digunakan untuk menempatkan kepala saat tidur maka jangan gunakan bantal itu untuk duduk.

#4. Jangan makan langsung dari kuali nanti akan menikah dengan istri/suami orang

Mitos tentang pantangan ini berlaku pada jaman dahulu saat orangtua kita masih menggunakan kuali sebagai tempat memasak. Alasan sebenarnya dengan adanya pantangan ini adalah faktor etika atau kesopanan saja, jika ada piring atau mangkuk mengapa harus makan langsung dari kuali? Tidak sopan atau tidak pantas.

Namun jika hal ini dibiarkan akan menjadi kebiasaan bagi anak dan secara perlahan akan membentuk kepribadiannya yang secara tidak langsung akan membuatnya menikah dengan istri/suami orang lain.

#5. Jangan makan tebu sore-sore nanti tubuh akan penuh tahi lalat

Alasan sebenarnya adalah masalah kebersihan karena jika kita makan tebu sore hari maka remah-remah tebunya akan memanggil semut lalu semut itu akan menggigit kita sehingga tubuh kita bentol-bentol dan jika digaruk akan menyisakan luka yang berwarna hitam seperti tahi lalat.

#6. Jangan makan nasi panas jika nasi dingin masih ada nanti padi di sawah tak berbuah

Alasan sebenarnya dari orangtua kita adalah untuk melakukan penghematan karena pada jaman dulu susah untuk mendapatkan nasi apalgi saat jaman perang dulu. Sehingga kita disuruh menghabiskan nasi yang dingin terlebih dahulu sedangkan nasi panas untuk keesokan harinya.

#7. Jika makan jangan pindah-pindah tempat duduk nanti akan punya istri/suami banyak

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak-anak adalah makan sambil berpindah-pindah tempat duduk bahkan sambil berdiri atau berjalan sehingga orangtua membuat larangan ini untuk mengajarkan etika atau sopan santun kepada anaknya.

Tentang dampaknya nanti akan mempunyai istri/suami banyak mungkin ada benarnya juga jika dilihat dari filosofi duduk di satu kursi saat makan. Duduk di satu kursi mengajarkan anak untuk setia, jika ini dilanggar maka sedikit demi sedikit akan membuat anak mempunyai sifat yang tidak setia sehingga ketika dewasa akan memunyai suami/istri yang banyak.

#8. Jangan potong kuku malam-malam nanti akan didatangi harimau

Larangan ini untuk mencegah kebiasaan anak memotong kukunya saat malam hari agar tidak terluka. Pada daerah tertentu seperti di Lampung dan daerah-daerah lainnya yang masih banyak hewan liar seperti harimau, larangan ini cukup beralasan.

Karena saat memotong kuku pada malam hari dengan penerangan yang suram, jika tidak hati-hati akan membuat jari tangan kita terluka sehingga mengeluarkan darah. Darah inilah yang akan tercium oleh harimau sehingga akan mendatangi rumah kita.

#9. Jangan menjahit malam-malam nanti akan ada keluarga yang kecelakaan

Larangan ini dibuat untuk mencegah agar jangan sampai terluka tertusuk jarum atau salah jahitan karena penerangan yang suram.

#10. Jangan bersiul malam-malam nanti akan memanggil ular

Alasan larangan ini adalah masalah kesopanan, alasan lainnya, saat malam hari dimana suasana tidak begitu ramai sehingga suara siulan kita akan terdengar oleh ular. Bagi ular atau mahluk yang lain, suara siulan itu seperti suara panggilan.

#11.Jangan tidur telungkup nanti bapak kita akan meninggal tak lama lagi

Alasan dilarang tidur telungkup karena secara medis pernafasan kita tidak berjalan dengan baik saat telungkup sehingga akan menyebabkan sesak nafas sehingga kita batuk-batuk atau ketindihan.

#12. Jangan memukul-pukul kuali/periuk ketika memasak nanti ladang kita akan diserang hama

Pada jaman dahulu saat kita memasak menggunakan kuali hal ini memang dilarang dengan alasan sebenarnya adalah tidak sopan. Secara simbolis, kuali adalah tempat kita mengolah makanan seperti ladang kita. Jika kita memukul-mukul kuali, sedikit demi sedikit akan membuat kuali rusak sehingga kita tidak dapat makan dari kuali tersebut.

#13. Jangan makan beremah-remah nanti akan diterkam buaya jika mandi disungai

Larangan ini cukup beralasan apabila kita masih tinggal di daerah-daerah pedalaman dimana kita harus mandi di suangai karena remah-remah makanan sebagian akan menempel di tubuh kta sehingga buaya akan mencium dan mengira kita adalah makanan lalu diterkamnya.

#14. Jangan beli jarum malam-malam nanti kedai tak laku

Benda yang pantang dbeli saat malam hari adalah jarum dengan alasan saat malam penerangan suram sehingga kemungkinan tertusuk jarum lebih besar dibandingkan saat siang hari. Namun karena pantangan ini sudah menjadi mitos maka kedai atau toko biasanya tidak mau melayani orang-orang yang beli jarum pada malam hari.

#15. Jangan main serunai disaat musim panen nanti akan memanggil hama

suara serunai saat musim panen akan memanggi hama seperti tikus dan lain-lain karena secara naluriah hewan-hewan ini menandai jika ada suara serunai berarti saatnya musim panen sehingga mereka bergegas menuju sumber suara ini.

#16. Jangan berfoto bersama dalam jumlah ganjil

Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal atau meninggalkan kita untuk pindah ke tempat lain. Biasanya yang ditengah.

#17. Jangan Bangun Tidur terlalu siang

Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali karena sudah didahului oleh orang lain yang bangun lebih pagi. “Rejekinya sudah dipatuk ayam.” Kata orangtua.

#18. Jangan suka memberi saputangan kepada kekasih

Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.  Berbeda dengan selendang karena dengan memberi selendang kepada kekasih akhirnya tercipta lagu “selendang sutra”.

#19. Jangan membuka payung di dalam rumah

Anda dilarang membuka payung didalam rumah, karena akan terjadi sesuatu yang buruk dikeluarga anda.

#20. Jangan Menyapu di malam hari

Janganlah anda menyapu dimalam hari karena akan sulit untuk mencari rezeki.

#21. Jangan menjahit kancing baju ketika baju masih dipakai

Janganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan

#22. Jangan makan atau minum dari tutup

Jangan makan atau minum dari tutup makanan atau minuman karena akan menjadikan kita sebagai penutup dari masalah orang lain. Orang lain yang berbuat kita yang harus bertanggung jawab.

#23. Jangan buang air panas saat malam hari

Jangan membuang air panas saat malam hari terutama pada waktu maghrib karena saat itu adalah saat keluarnya mahluk gaib yang tidak terlihat mata kita sehingga air panas tersebut akan mengenai mahluk-mahluk gaib tersebut. Jika demikian maka akan menjadi gawat urusannya karena mahluk gaib itu akan marah dan membalas kepada kita atau keluarga kita.

#24. Jangan kencing sembarangan

Kebiasaan kencing sembarangan dan di sembarang tempat, pertama terlihat ‘saru’ atau tidak pantas yang lainnya adalah untuk menjaga agar kotoran atau air kencing kita tidak mengenai mahluk lain yang tidak terlihat.

Jika memang dalam keadaan darurat dimana kita berada di tengah hutan atau tempat yang jauh dari pemukiman penduduk, sebaiknya ucapkan salam atau minta ijin terlebih dahulu. Seperti “numpang-numpang datuk” atau “permisi mbah, mau numpang kencing” dan lain-lain.

#25. Jangan makan sambil tiduran

Larangan makan sambil tiduran adalah agar kita tidak tersedak makanan karena pada posisi tidur akan memudahkan makanan masuk ke dalam tenggorokan lalu membuat tersedak.

Demikian ulasan tentang 25 Mitos Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Beserta Penjelasannya, pantangan atau larangan yang sering kita dengar sehingga sudah menjadi mitos dalam kehidupan kita, mengenai kebenarannya kembali kepada diri kita masing-masing.

Artikel Terkait :




Tidak ada komentar