Misteri Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru atau sering disebut Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Disamping sebagai gunung berapi yang masih aktif, seperti gunung-gunung lainnya yang memiliki berbagai misteri, Semeru juga memiliki tempat-tempat yang dipercaya menyimpan berbagai misteri.

gambar gunung-semeru

Konon menurut cerita masyarakat setempat, gunung Semeru dipercaya sebagai tempat tinggalnya para Dewa ditandai dengan kawahnya yang bernama “Jonggring Salaka”, menurut kisah pewayangan adalah salah satu nama kahyangan atau tempat tinggal para Dewa. Hingga sekarang, pada hari-hari besar agama Hindu,  beberapa tempat di gunung Semeru ramai didatangi oleh umat Hindu juga pertapa-pertapa yang mencari ketenangan batin.

Dengan ketinggian 3.676 meter, Gunung Semeru berada di antara dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang. Gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung,  gunung Semeru menjadi barometer ketangguhan seorang pendaki gunung, karena jalur pendakian yang penuh tantangan dan tingkat kesulitan tinggi. Sehingga akan menjadi satu kebanggaan bagi seorang pendaki gunung  jika dapat mengabadikan momen saat berada di puncak Semeru sebagai bukti keberadaaanya telah menaklukkan Semeru.

Keangkeran dan medan yang penuh tantangan dari Gunung Semeru sudah diakui oleh para pendaki gunung. Terbukti dengan banyaknya para pendaki gunung yang tewas saat berusaha menaklukkan gunung Semeru, salah satunya adalah Soe Hok Gie, seorang aktivis 66 dan pecinta alam.

Ada satu pameo di kalangan para pendaki gunung, “jangan mengaku sebagai seorang pendaki gunung jika belum pernah sampai di puncak Mahameru.” Maka tak heran jika gunung Semeru banyak di datangi wisatawan baik lokal maupun manca negara khususnya para pendaki gunung.

Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan alam, Gunung Semeru memiliki panorama alam yang sangat indah sepanjang jalur pendakian menuju puncak Semeru, seperti Ranu pane, Ranu kumbolo, Oro-oro Ombo dan indahnya matahari terbit di puncak Semeru.

Namun, dibalik keindahan gunung semeru, terdapat beberapa misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. Memang banyak sekali cerita misteri di gunung semeru yang beredar di kalangan pendaki seperti keberadaan patung arcopodo yang misterius, misteri blank 75 yang sering membuat para pendaki tersesat dan misteri danau ranu kumbolo yang penuh dengan nuansa mistis.

Baca juga :
1. Misteri Gunung Arjuno
2. Misteri Gunung Kelud
3. Misteri Gunung Bromo
4. Misteri Gunung Kawi 

Berikut ini adalah tempat-tempat yang indah dan mengandung misteri sepanjang perjalanan menuju puncak Mahameru, yaitu :

1.    Ranu Gumbolo

Ranu Kumbolo adalah danau alami yang memiliki keindahan, sumber inspirasi, sumber cerita dan canda tawa. Tidak ada satupun pendaki Semeru yang tidak menyempatkan diri untuk mampir ke danau ini. Danau alami di atas ketinggian adalah sebuah keindahan yang benar-benar tiada duanya.

gambar ranu kumbolo

Danau Ranu Kumbolo berada pada ketinggian sekitar 2.400 mdpl. Danau cantik ini memiliki luas 15 hektare. Sekelilingnya adalah pohon-pohon pinus serta bukit yang dipenuhi oleh padang rumput.

Danau ini menyimpan banyak misteri, seperti kejadian orang tenggelam dan penampakan sosok hantu wanita ditengah danau. Kejadian penampakan hantu wanita ini sering terjadi saat bulan purnama tiba yang mereka yakini sebagai dewi penunggu ranu kumbolo. Gumpalan kabut tebal yang berputar-putar ditengah danau berubah menyerupai sosok wanita yang diyakini sebagai penunggu Ranu Kumbolo.

Selain terdapat penampakan sosok hantu wanita di Ranu Kumbolo, di kawasan ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Para masyarakat disana menganggap ikan mas tersebut merupakan jelmaannya para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo. Terdapat larangan menangkap atau memancing ikan disini. Kalau dilanggar bersiaplah menerima hal-hal yang tidak diinginkan.

2.    Tanjakan Cinta

Setelah memuaskan diri dengan keindahan Ranu Kumbolo, tiba saatnya untuk melanjutkan perjalanan. Tepat berada di atas danau Ranu Kumbolo kita akan disambut oleh sebuah tanjakan yang dipenuhi oleh padang rumput serta pohon pinus. Oleh para pendaki tanjakan ini disebut dengan Tanjakan Cinta atau Bukit Cinta.

gambar bukit cinta

Bagi para pendaki, tanjakan ini memiliki arti lebih dari sebuah tanjakan yang harus dilalui untuk melanjutkan perjalanan. Tanjakan ini memiliki sebuah mitos yang dipercaya oleh sebagian besar pendaki. Konon, barang siapa yang berhasil melewati tanjakan ini maka semua keinginannya tentang cinta akan terpenuhi. Syaratnya, pendaki tidak boleh menoleh ke belakang saat melewati tanjakan ini.

3.    Oro-oro Ombo

Oro-oro Ombo adalah salah satu tempat lainnya di Gunung Semeru yang bisa membuat kita mabuk kepayang. Di tempat ini kita akan disambut oleh pemandangan ungu luas yang menakjubkan. Warna ungu tersebut adalah hamparan padang bunga Lavender.

gambar oro oro ombo
Oro-oro Ombo ini adalah bagian paling unik karna tidak banyak gunung yang memiliki padang Lavender seperti Semeru. Saat musim penghujan, pohon-pohon bunga Lavender biasanya akan berbunga untuk menghasilkan pemandangan ungu luas yang menakjubkan. Sedangkan saat musim kemarau, padang ini akan berubah menjadi kuning karna biasanya bunga-bunga Lavender akan mengering. Kedua pemandangan ini sama-sama indah

4.    Kalimati

Kalimati adalah batas akhir pendakian aman di Gunung Semeru. Pihak Gunung Semeru hanya mengijinkan pendakian sampai ke tempat ini karena kondisi Puncak Mahameru yang cukup berbahaya. Wujud Kalimati adalah sebuah padang rumput yang dipenuhi oleh bunga Edelweis

Dari Kalimati, kita bisa melihat Puncak Mahameru yang begitu ledendaris. Di Kalimati pula kita bisa mendirikan tenda dan menikmati indahnya malam di Gunung Semeru bersama sahabat sambil berbagi cerita. Saat hari terang, kita bisa menikmati pemandangan alam berupa padang rumput yang diselingi dengan bunga-bunga Edelweis.

5.    Puncak Mahameru

Puncak tertinggi di pulau Jawa ini menjadi inspirasi bagi banyak pendaki yang mendaki ke gunung semeru. Sebenarnya apa yang hendak dicari oleh para pendaki tersebut. Jika anda adalah seorang pecinta alam atau pendaki pastilah anda tahu apa yang menjadi pesona utamanya. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah suasana dan momen terindah menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari puncak tertinggi di pulau Jawa ini.

Puncak Mahameru
Puncak Mahameru

Tentu saja tidak sekedar sensasi dan kepuasan batin bagi seorang pendaki bisa menikmati suasana yang luar biasa indah di puncak gunung menyaksikan sang mentari terbit dan terbenam. Ada keindahan tiada tara yang menjadikan banyak sekali pendaki, pecinta alam bahkan para fotografer rela berduyun-duyun datang ke puncak semeru untuk menyaksikan momen terindah ini.

Demikian ulasan tentang keindahan alam dan misteri yang tersimpan di gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa.

Baca Juga :




Tidak ada komentar