Mitos dan Fakta Mata Kedutan

Mitos dan Fakta Mata Kedutan – Setiap orang pasti pernah merasakan matanya kedutan dan setiap orang menanggapinya dengan bermacam-macam. Ada yang menanggapi berdasarkan pendapat medis dan banyak pula yang menganggapnya sebagai pertanda akan terjadinya sesuatu yang menimpa dirinya. Sehingga mitos dan fakta mata kedutan menjadi suatu pasangan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mitos dan Fakta Mata Kedutan

Bagi yang menanggapi mata kedutan sebagai mitos menggunakan alasan berdasarkan primbon maupun menurut agama Islam sehingga ketika kita mencari informasi tentang mata kedutan di Google maka akan muncul banyak artikel seperti artikel mata kedutan menurut primbon, mata kedutan menurut hukum Islam dan gabungan dari keduanya.

Menurut mitos, mata kedutan disangkut pautkan dengan berbagai kejadian yang akan dialami di kemudian hari.

Sementara yang lebih percaya medis menganggap mata kedutan sebagai suatu indikasi dari suatu aktivitas syaraf bahkan tanda dari kelainan dalam tubuh. Menurut pandangan medis, kedutan pada mata disebut dengan blefarospasme, yaitu gerakan berulang-ulang pada kelopak mata yang terjadi secara tiba-tiba dan spontan. Dimana lamanya atau durasi kedutan bermacam-macam mulai hanya beberapa detik hingga ada yang bisa mencapai 1 menit lamanya.

Sehingga mata kedutan yang terjadi terus-menerus dalam satu hari harus diwaspada walaupun tidak menyakitkan atau mengganggu aktivitas kita.

Mitos Mata Kedutan

1. Makna dan Arti Mata Kanan Kedutan

  • Apabila mata kanan kita mengalami kedutan merupakan pertanda bahwa sebentar lagi akan mendapatkan rejeki. Sedangkan bagi yang sedang memulai usaha, merupakan suatu tanda bahwa keberuntungan akan segera menghampiri usaha kita.
  • Bagi Anda yang sedang mengidap penyakit lalu kerap dilanda kedutan pada mata sebelah kanan, hal ini akan menjadi pertanda bahwa penyakit Anda akan segera diangkat dan akan segera sembuh.
  • Akan bertolak belakang apabila bagian bola mata sebelah kanan yang mengalami kedutan, yang merupakan pertanda kesedihan akan menghampiri kita.

2. Makna dan Arti Mata Kiri Kedutan

Apabila sering mengalami kedutan pada mata sebelah kiri, merupakan pertanda akan bertemu dengan orang yang kita cintai akan tetapi bagi yang masih jomblo, kedutan pada mata kiri bisa diartikan sebagai tanda akan bertemu saudara jauh.

3. Makna dan Arti Mata Bagian Atas Kedutan

Jika anda sedang sakit dan kedutan di ekor mata bagian atas sebelah kanan maka merupakan tanda akan sembuh dari sakit yang sedang dialami.

4. Makna dan Arti Mata Bagian Bawah Kedutan

Kedutan pada mata bawah biasanya merupakan pertanda bahwa kita akan mendengar kabar buruk atau mengalami kekecewaan atau mendapatkan kabar yang kurang mengenakkan.

Fakta atau Pandangan Medis Mata kedutan

Berikut ini adalah beberapa pandangan para pakar medis yang berkaitan dengan mata kedutan seperti berikut ini.

  • Menurut Dr. Karen Wolfe, seorang dokter dan pengarang buku “Create the Body Your Soul Desires”, mengatakan bahwa mata yang berkedut disebabkan karena kondisi tubuh yang dilanda stres atau kelelahan yang maksimal. 
  • Seorang Pakar kesehatan mata, Burt Dubow mengatakan bahwa kedutan biasanya terjadi karena denyutan pada pembuluh darah yang terjadi secara tiba-tiba yang membuat mata menjadi kejang sesaat. Durasi kedutan akan bergantung pada aliran listrik yang melalui nervus facialis. Semakin besar dan lama aliran listriknya, maka kedutan juga akan berlangsung lebih lama dan mungkin akan berpindah dari mata kiri ke bagian mata lain.
  • Salah satu dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center, Dr. Dony Istiantoro mengemukakan bahwa kedutan merupakan indikator bahwa mata Anda dalam kondisi lelah. Kedutan merupakan bentuk gangguan saraf motorik ketujuh dimana akan segera sembuh seiring dengan pemberian multivitamin penambah darah dan vitamin E.
  • Kekurangan magnesium jelas terbukti akan menyebabkan suatu kejang pada otot. Salah satu kejang yang akan dirasakan adalah kedutan atau kejang pada mata. Nah, jika kedutan terjadi pada mata kanan, kiri, atas, atau bawah, bisa jadi tubuh Anda kekurangan zat magnesium.
  • Kedutan menurut Dr.OZ Indonesia dapat terjadi ketika ada pergerakan sel saraf yang terus menerus dan tidak terkontrol. Ada beberapa penyebab kedutan yang sering ditemui diantaranya adalah alkohol, kafein, maupun penggunaan gadget yang berlebihan. Beliau mengatakan bahwa kedutan dapat disembuhkan dengan mengistirahatkan mata sejenak.

Apabila anda sering mengalami kedutan pada mata, kemungkinan Anda terlampau stres dan depresi akibat tubuh terlalu tegang sehingga menyebabkan syaraf pada mata juga akan menjadi tegang dan akibatnya akan muncul sensasi kedutan pada bagian mata tertentu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang mitos dan fakta medis seputar mata kedutan baik sebelah kiri maupun kanan. Terserah anda memilih pendapat yang mana, namun sebaiknya dahulukan pendapat medis terlebih dahulu. Jika memang secara medis kesehatan mata anda tidak mengalami masalah maka anda boleh menganggap mitos tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Artikel Lainnya :




Tidak ada komentar