10 Tempat Paling Angker di Jakarta

10 Tempat Paling Angker di Jakarta – Jika pepatah “Kejamnya Ibu Tiri Tidak Sekejam Ibukota” mewakili kehidupan masyarakatnya yang keras maka tidak heran bila sebagai dampaknya banyak tempat-tempat angker dan penuh misteri di kota Metropolitan ini. Angker karena kejahatan manusianya maupun angker karena teror arwah-arwah penasaran korban kejahatan yang gentayangan.

Kota terpadat dan tersibuk di Indonesia ini membentuk masyarakatnya menjadi sosok yang keras, lebih mementingkan diri sendiri dan kurang peduli terhadap sesama. Hingga muncul semacam pameo yang menggambarkan kerasnya kehidupan kota Jakarta yaitu “Mencari rejeki yang haram saja susah apalagi yang halal.

Bahkan rasa hormat terhadap mereka yang sudah mati sudah sangat berkurang sehingga makam atau kuburan pun digusur untuk dijadikan rumah tinggal baik untuk pribadi maupun dikontrakkan kepada orang lain seperti kost-kostan, rumah petak dan apartemen. Maka, tidak heran apabila arwah-arwah menjadi penasaran lalu mengganggu orang-orang yang tinggal di tempatnya.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Berikut ini adalah beberapa tempat angker dari sekian banyak tempat angker yang ada di kota Jakarta, spot-misteri memilihkan 10 tempat paling angker dari berbagai referensi salah satunya dari bacaterus.com, yang ada di kota metropolitan ini. Seperti tempat-tempat angker dan penuh misteri berikut ini.


10 Tempat Paling Angker Di Jakarta

1. Rumah Pondok Indah

Tempat angker yang pertama adalah sebuah rumah di daerah Pondok Indah yang menjadi terkenal setelah dibuatkan film tentang misteri dan keangkerannya. Meskipun rumah ini sekarang sudah dirobohkan tapi rumah di kawasan elit ini sudah tercatat dalam benak kita sebagai salah satu tempat angker di Jakarta.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Keangkeran rumah ini disebabkan oleh kejahatan manusia dimana penghuni rumah ini termasuk pembantunya pada tahun 80an, dirampok kemudian para penghuninya dibunuh dengan cara mengenaskan. Maka, wajar apabilah arwah-arwah penghuni rumah Pondok Indah ini bergentayangan mengganggu manusia apalagi setelah kejadian tragis tersebut rumah ini dikosongkan. Sehingga semakin menambah jumlah mahluk gaib yang tinggal di dalamnya.

2. Perlintasan Kereta Api Bintaro 

Perlintasan kereta api Bintaro merupakan lintasan kerata api yang sering memakan korban jiwa karena kecerobohan manusia. Tercatat ada dua kecelakaan kereta api yang terjadi di perlintasan Bintaro ini yaitu pada tahun 1987 dan tahun 2013. Keduanya merenggut korban jiwa yang tidak sedikit.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta
Gambar : Tribun News
Maka tidak mengherankan apabila pada malam hari, tempat ini menjadi tempat angker yang menyeramkan karena sering terdengar suara jeritan minta tolong atau keluhan kesakitan ataupun penampakan hantu-hantu yang mencari anggota tubuhnya.

3. Terowongan Casablanca 

Salah satu wujud berkurangnya rasa hormat terhadap mereka yang sudah meninggal terjadi di terowongan Casablanca. Karena terowongan dibangun di atas tanah yang dahulunya merupakan komplek pekuburan sehingga membuat terowongan ini menjadi tempat yang paling angker di Jakarta. Terlebih lagi setelah dibuat filmnya.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Konon, para arwah dari mereka yang dikuburkan di tempat ini, sering menampakkan diri dan mengganggu pengguna jalan sehingga mengakibatkan banyak terjadi kecelakaan aneh. Seperti penampakan hantu perempuan yang tiba-tiba melintas di jalan sehingga membuat pengemudi banting setir dan terjadi kecelakaan.

4. TPU Jeruk Purut 

Tempat pemakaman umum atau TPU atau kuburan memang tempat bersemayamnya orang-orang yang sudah meninggal dunia, sebagian arwah-arwah tersebut tenang dan sebagian lainnya bergentayangan karena meninggal dengan cara yang tidak wajar. Termasuk yang terjadi pada pemakaman Jeruk Purut ini sehingga menjadi salah satu tempat paling angker di Jakarta.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Di pemakaman Jeruk Purut ini  sering terjadi penampakan seorang pastor tanpa kepala dengan sosok bertubuh besar dan mengenakan pakaian serba hitam. Hantu menyeramkan ini sering berkeliling makam dengan menuntun anjing dan menenteng kepalanya sendiri.

5. Jembatan Ancol

Nama jembatan Ancol merupakan nama yang cukup akrab di telinga kita karena sudah menjadi acara tontonan yang disiarkan di televise maupun dalam layar lebar dengan tokoh utamanya Si Manis. Sehingga Jembatan Ancol menjadi salah satu tempat angker di Jakarta.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta
gambar : kumpulan cerita
Kejahatan manusia kembali menjadi penyebabnya, karena di sebuah jembatan di atas kali Ancol, Jakarta Utara ini, pernah terjadi pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita cantik.

Semenjak kejadian tersebut, banyak warga di sekitar daerah tersebut yang melihat penampakan hantu wanita cantik di malam hari yang berusaha menuntut balas kepada para lelaki hidung belang.

6. Lubang Buaya 

Lubang Buaya adalah salah satu tempat bersejarah di Jakarta dimana 7 pahlawan revolusi dimakamkan dan di sumur tua ini menjadi tempat dibantainya para jenderal TNI secara sadis dalam peristiwa G30S/PKI.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Sehingga Lubang Buaya menjadi salah satu tempat untuk memperingati bahaya laten komunis sekaligus menjadi tempat paling angker di Jakarta karena hingga saat ini masih ada warga yang sering mendengar suara jeritan dan tangisan dari korban pembantaian tersebut.

7. Rumah Kentang 

Tempat paling angker di Jakarta berikutnya adalah sebuah rumah di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan.  Dimana di rumah ini sering tercium bau kentang yang menyengat lalu muncul wajah anak kecil dengan wajah yang menyeramkan. Sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai rumah kentang.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Penyebabnya adalah kecerobohan seorang ibu yang sedang merebus kentang dalam panci besar. Namun si ibu tersebut lalai dengan meninggalkan rebusannya tersebut sehingga anaknya yang masih kecil masuk ke dalam panci tersebut dan meninggal terebus bersama puluhan kentang.

Sehingga karena kejadian tersebut, di sekitar rumah tersebut sering tercium bau kentang rebus yang misterius di malam hari. Sedangkan sebagian orang menganggap bau kentang tersebut berasal dari bau genderuwo yang tinggal di daerah tersebut.

8. Mall Klender 

Berbeda dengan tempat angker sebelumnya, tempat paling angker di Jakarta berikutnya adalah sebuah Mall yang berada di kawasan Klender.

Hal yang menyebabkan Mall ini menjadi angker dan menyeramkan adalah kejadian pilu yang pernah dialami Indonesia pada Mei 1998 dan dikenal sebagai Tragedi 1998.Akibat krisis ekonomi yang menjadi akhir dari pemerintahan orde baru serta isu akan terjadinya kudeta membuat Jakarta mencekam.

Aksi penjarahan, pembantaian, dan pemerkosaan terjadi di mana-mana terutama menimpa warga keturunan. Dan, salah satu bangunan yang menjadi tempat ajang penjarahan adalah Yogya Plaza di kawasan Klender.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Plaza atau mall ini dibakar oleh para penjarah di saat ada 300 orang yang masih berada di dalamnya karena takut sehingga berusaha bersembunyi di dalamnya. Kejadian memilukan ini menewaskan 300 orang dan membuat Yogya Plaza di tutup selama beberapa tahun, tapi dibuka kembali pada tahun 2000an dengan nama Mall Klender.

Dapat dibayangkan bagaimana rasa takut, rasa sakit akibat terbakar dan berbagai perasaan sedih lainnya menyelimuti hati 300 orang tersebut sebelum akhirnya ajal menjemput mereka. Sehingga arwah-arwah mereka menjadi penasaran lalu mengganggu orang yang melintas tempat ini.

Banyak cerita tentang keangkeran tempat ini seperti bau daging terbakar saat berada di dalam mall pada malam hari dan penampakan orang-orang dengan  kulit gosong seperti terbakar.

9. Toko Merah

Sebuah toko berwarna merah yang berada di kawasan kota tua, Jakarta, sehingga disebut Toko Merah meskipun terlihat bersih dan rapi namun menyimpan kisah pilu, kesedihan dan misteri yang membuatnya menjadi salah satu tempat paling angker di Jakarta.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta

Kisah pilu, tragedy kemanusiaan yang terjadi pada tahun 1851 silam dimana sebelum menjadi Toko Merah,  tempat  angker ini adalah tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa. Sehingga kisah kelam tersebut menjadi penyebab keangkeran tempat ini.

Pada malam hari, selain penampakan mahluk menyeramkan, di tempat ini juga sering terdengar suara tangisan memilukan, jeritan minta ampun dan raungan kesakitan serta derap suara langkah kaki tentara.

10. Rumah Sakit Salemba

Rumah tua, bangunan tua dan rumah sakit adalah tempat – tempat yang menimbulkan rasa takut.  Demikian pula dengan Rumah Sakit Salemba, sebuah rumah sakit tua di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, ini.

10 Tempat Paling Angker di Jakarta
gambar : baguseven

Selain penampakan arwah-arwah orang meninggal di rumah sakit ini juga kisah horror tentang suster ngesot berasal dari tempat ini. Seorang suster  yang diperkosa kemudian dibunuh dengan kaki dipotong sehingga arwahnya gentayangan dengan penampakan sosok suster yang berjalan menggunakan tangan dan pantatnya atau ngesot.

Konon, saat tengah malam, suster ngesot ini menampakkan dirinya berjalan ngesot diantara lorong-lorong rumah sakit.

Kesimpulan

Hampir semua tempat-tempat angker di kota Jakarta ini disebabkan oleh adanya kecelakaan yang merenggut nyawa manusia dan tragedi kemanusiaan, dimana manusia tega menganiaya hingga membunuh sesamanya demi kepentingannya dirinya sendiri hingga mengabaikan hak hidup orang lain. Bahkan penghargaan terhadap mereka yang sudah meninggal pun sudah terkikis habis sehingga menggusur kuburan, tempat peristirahatan terakhir mereka, bukan lagi hal yang tabu.

Hal ini semakin menegaskan bahwa ibukota memang terbukti lebih kejam daripada ibu tiri, kota yang keras dan menganut hukum rimba. Sementara, mereka yang menjadi korban pembunuhan, arwahnya penasaran dan bergentayangan setiap malam mencoba menuntut balas atau mencoba meminta pertolongan agar arwahnya disempurnakan.

Demikian pembahasan spot-misteri tentang 10 tempat paling angker di kota Jakarta.

Salam Misteri.

Artikel Lainnya :



1 komentar: