Pohon Misteri Yang Menghebohkan Masyarakat Jawa Timur

Pohon Misteri  Yang Menghebohkan Masyarakat Jawa Timur – Baru-baru ini di daerah Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, ramai dibicarakan dan membuat heboh masyarakat tentang sebuah pohon misteri  yang tidak dapat ditebang sehingga diadakan sayembara dengan imbalan 10  juta rupiah bagi siapa saja yang mampu menebangnya.

Pohon misteri yang berada di area persawahan dan sudah berumur ratusan tahun itu tumbuh subur dan berdiri kokoh dengan kaki seolah menghunjam ke bumi, nampak tegar dan perkasa. Disampingnya tampak sumber mata air  atau ‘sendang’ yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Sebelum adanya proyek pembangunan jalan tol Pandaan-Malang, pohon itu terlihat biasa saja seperti layaknya pohon-pohon lain yang ada di pedesaan. Namun ketika proyek pembangunan jalan tol Pandaan-Malang akan dimulai dimana pohon dan sumber mata air itu menjadi salah satu jalan yang akan dilewati, timbul kejadian aneh dan penuh misteri.

Pohon Misteri Yang Menghebohkan Masyarakat Jawa Timur
Pohon Misteri Purwosari, Sumber Gambar : sorot publik.com

Saat petugas dari proyek jalan tol datang ke tempat itu untuk menebang pohon, gergaji mesin yang dibawanya tidak mau menyala padahal mesin gergaji itu sudah di cek dan di uji sebelumnya. Dan ketika menyala lalu digunakan untuk memotong pohon itu, tiba-tiba sang penebang pohon, berkelojotan lalu jatuh sakit. Para pekerja lainnya yang menyaksikan peristiwa itu menjadi panik lalu segera membawa penebang pohon itu ke rumah sakit. Keesokan harinya, penebang pohon itu meninggal dunia.

Pengelolah proyek jalan tol segera memanggil dukun atau paranormal untuk mengusir mahluk gaib yang berada di pohon itu, namun dari beberapa dukun dan paranormal yang dipanggil, tidak ada satu pun yang berhasil. Menurut salah seorang dukun yang tidak mau disebut namanya, mahluk gaib penghuni pohon dan sumber mata air yang ada didekatnya, minta tumbal manusia.

Seorang Janda yang cantik jelita dan pandai menari serta 100 kepala manusia.

Itu tumbal yang diminta oleh sang penunggu pohon. Saat sang Dukun mencoba membujuk dengan mengganti kepala manusia dengan 100 kepala sapi, mereka menolak dan mengancam akan mengambil korban siapa saja yang kelak melewati jalan ini.

Karena syarat yang diminta oleh mahluk gaib penunggu pohon dan sendang tersebut terlalu berat, maka pihak pengelolah jalan tol meminta tolong dukun atau paranormal yang lebih hebat untuk mengusir secara paksa para mahluk gaib tersebut. Namun, sampai sekarang belum ada yang berhasil sehingga pengelolah jalan tol mengadakan sayembara.

Bagi siapa saja yang mampu menebang pohon itu akan diberikan imbalan sebesar 10 juta rupiah.

Begitu bunyi sayembara yang tertulis pada papan di area pohon itu berada.

Kejadian ini dan sayembara berhadiah 10 juta ini, menyebar dari mulut ke mulut sehingga lokasi pohon misteri dan sendang tersebut, sekarang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Timur, baik sekedar menyaksikan saja atau mencoba mengukur kemampuan untuk dapat menebang pohon tersebut dan mendapatkan hadiah 10 juta.

Sendang atau sumber mata air itu selama ini digunakan oleh masyarakat dari Dusun Buluangung, Desa Sengonagung dan Dusun Baran, Desa Pager, Kecamatan Porwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dan masyarakat merasa keberatan apabila sumber mata air tersebut ditutup lalu digunakan sebagai bagian dari jalan tol.

Beberapa masyarakat juga menambahkan apabila sumber mata air sampai mati hanya gara-gara lahan tersebut di buat jalan tol, maka masyarakat akan mengadakan demo dan akan memblokir jalan tol tersebut.

Jika terjadi sumber mata air Kajar mati akan adanya pemblokiran jalan tol dan aksi demo, kata seorang warga masyarakat.

Timbul dugaan, jika isu-isu tentang tumbal seorang penari dan 100 kepala manusia tersebut dihembuskan oleh masyarakat yang tidak menghendaki sumber mata air didesanya ditutup.

Sayembara menebang pohon ini mengingatkan pada kisah beberapa puluh tahun yang silam saat Joko Sambang mengikuti sayembara tebang pohon yang diadakan oleh penjajah Belanda. Juga untuk proyek pembangunan jalan tol.

Demikian kisah tentang pohon misteri yang menghebohkan masyarakat Jawa Timur dan sampai sekarang pohon itu masih berdiri tegar seolah menantang orang-orang yang akan menebangnya.

Salam Misteri.

Sumber :
-    Sorot Publik.com
-    Masyarakat Desa Sengon Agung, Purwosari, Pasuruan





Tidak ada komentar