Misteri Dibalik Ketidaktahuan

Misteri Dibalik Ketidaktahuan

Ketidaktahuan menyebabkan pertanyaan, menyebabkan rasa ingin tahu dan menimbulkan prasangka. Seringkali kita sebagai manusia mengalami rasa tidak tahu terutama menyangkut nasib dan masa depan kehidupannya. Apalagi ketika kita menghadapi masalah kehidupan yang masih menjadi misteri, masih menemui jalan buntu sementara orang lain tidak dapat membantu kita dan masalah itu harus segera dipecahkan.

gambar tanda tanya
Maka jalan satu-satunya hanyalah mengharapkan pertolongan Tuhan.

Namun, karena ketidaktahuan, kita seringkali tidak sabar lalu berprasangka buruk terhadapNya kemudian mengambil jalan pintas yang bertentangan dengan agama. Hanya orang-orang yang memiliki keyakinan atau iman yang tebal terhadap Tuhan yang mampu bertahan dan tetap menjalankan perintahNya, seperti para Nabi.

Berikut ini adalah contoh bagi kita tentang kepercayaan atau iman kepada Tuhan meskipun diliputi rasa ketidaktahuan.

Nabi Nuh dan Bahtera

Nabi NUH tidak tahu jika banjir bandang akan datang ketika ia mendapat perintah membuat bahtera dan ditertawai oleh kaumnya. Namun dengan keyakinan yang teguh, Nabi Nuh menjalankan perintah itu, membuat bahtera yang kemudian menjadi sarana untuk menyelamatkan diri beserta kaumnya yang beriman dari bencana air bah.

Nabi Ibrahim dan Domba

  • Nabi Ibrahim tidak tahu alasan Tuhan saat di dalam mimpinya memerintahkan dirinya untuk memenggal anak kandungnya sendiri. Namun Nabi Ibrahim tetap melaksanakan perintah itu.
  • Nabi Ibrahim tidak tahu akan tersedia seekor domba ketika pisau nyaris memenggal kepala buah hatinya. Namun meski dengan berat hati dan peran batin yang hebat, beliau tetap melaksanakan apa yang diperintahkan kepadanya.
Baca Juga : Mimpi Nabi Ibrahim

Nabi Musa dan Lautan

Nabi MUSA tidak tahu apabila laut akan terbelah saat dia diperintah memukulkan tongkatnya. Namun beliau tetap melaksanakan perintah untuk memukulkan tongkatnya ke laut yang menyebabkan lautan terbelah dan menjadi jalan bagi diri dan kaumnya dari kejaran pasukan raja Namrud.

Nabi Yunus dan Ikan Hiu

Nabi Yunus tidak tahu jika dirinya dapat keluar dari dalam perut ikan hiu yang menelannya. Namun beliau tetap berdoa dan mengharapkan pertolongan Tuhan.

Yang mereka tahu adalah bahwa mereka harus patuh pada perintah ALLAH dan tanpa berhenti Berharap yang Terbaik.

Ternyata dibalik KETIDAKTAHUAN kita, ALLAH telah menyiapkan pertolongan !

Seringkali ALLAH berkehendak di detik-detik terakhir dalam pengharapan dan ketaatan hamba-hambaNYA.

Maka, janganlah kita berkecil hati saat sepertinya belum ada jawaban dari doa-doa yang kita panjatkan. Karena terkadang ALLAH mencintai kita dengan cara-cara yang kita tidak duga dan kita tidak sangka.

ALLAH memberikan apa yg kita butuhkan, bukan apa yg kita inginkan...!!!

Lakukan bagianmu saja, dan biarkan ALLAH akan mengerjakan bagianNYA...

Tetaplah Percaya.

Tetaplah Berdoa.

Tetaplah Setia.

Dalam meraih RidhoNYA Aamiin ...

Tetap semangat meski dalam kesederhanaan.

Tidak ada komentar