Misteri Wisma Erni : Bangunan Tua Yang Angker di Malang

Misteri Wisma Erni : Bangunan Tua Yang Angker – Di Lawang, Malang, terdapat sebuah wisma tua yang terletak dipinggir jalan utama Malang – Surabaya, tepatnya di puncak sebuah bukit yang terlihat megah dari kejauhan. Dibalik keindahan bangunan yang bergaya ala Victoria itu menyimpan banyak misteri di dalamnya.
gambar wisma erni


Sehingga jika kita melihat dari dekat, bayangan tentang kemegahan bangunan ini akan sirna berganti dengan sosok bangunan tua yang sudah tidak terawat lagi. Namun, ibarat seorang wanita cantik yang sudah memudar kecantikannya, garis-garis kecantikan masih terlihat di wajahnya.

Demikian pula dengan bangunan tua ini, masih berdiri kokoh dan masih menunjukkan bentuk bangunan kuno yang mewah. Wisma tua yang berdekatan letaknya dengan Hotel Niagara, kurang lebih 500 meter, bernama Wisma Erni. Entah siapa yang memberi nama tersebut, sampai sekarang tetap menjadi misteri.

Baca Juga : 

Kira-kira 15 tahun yang lalu, Wisma Erni ini sempat direnovasi sehingga terlihat wajah aslinya yang megah dan indah serta sempat disewakan untuk digunakan berbagai acara seperti resepsi perkawinan, seminar dan acara perayaan lainnya.

Saya sempat menghadiri acara penutupan kegiatan orientasi mahasiswa baru yang diadakan oleh almamater saya di tempat itu. Saya sempat bertanya kepada panitianya kenapa memilih Wisma Erni sebagai tempat penggemblengan mahasiswa baru dan jawabannya adalah untuk uji nyali.

Memang tepat jika Wisma Erni digunakan untuk acara uji nyali mengingat riwayat dan misteri yang melingkupinya, disamping itu, tepat di belakang Wisma Erni adalah sebuah pemakaman yang terlihat menyeramkan.

Setelah acara itu saya sempat bertanya kepada salah seorang panitia dan beberapa mahasiswa baru yang mengikuti acara orientasi tersebut, tentang pengalamannya berada di tempat itu selama tiga hari tiga malam.

Menurut mereka, Wisma Erni benar-benar angker seperti yang diceritakan warga setempat. Saat acara orientasi berlangsung banyak terjadi kejadian-kejadian aneh, mulai dari beberapa mahasiswi yang kesurupan sampai penampakan hantu wanita dan hantu-hantu yang mengerikan lainnya.

Sejak saat itu, saya tidak pernah lagi melihat bangunan itu, baru setahun yang lalu saya kembali ke Malang dan mendapati Wisma Erni sudah tidak dipergunakan lagi. Entah kenapa bangunan itu dibiarkan terbengkelai lagi sampai sekarang.

Ada beberapa rumor yang beredar terkait dengan penyebab terabaikannya wisma mewah tersebut. Dari beberapa rumor yang beredar, kisah misteri yang disampaikan oleh warga sekitar adalah yang paling santer terdengar.

Menurut kisah dari warga Malang dulunya rumah megah ini menjadi salah satu rumah yang paling mewah di Kota Malang, hal tersebut pun bisa terlihat dari kemegahan bangunan yang berdiri sekitar tahun 80-an ini.

Sayangnya semua keindahan bangunannya berubah begitu pula dengan kisah bahagia yang pernah terjadi di dalamnya, kondisi yang ada saat ini adalah bangunan yang mulai diselimuti lumut dan tampak sangat tidak terawat, beberapa sudut bangunannya pun terlihat sudah hampir runtuh.

Sedangkan kisah bahagia yang mengawali pembangunan wisma ini berubah menjadi kisah-kisah horor yang menyeramkan.

Menurut warga sekitar wisma ini, Erni dulunya merupakan salah satu istri dari pemilik wisma ini, seorang pengusaha asal China, yang tewas di bunuh bersama seluruh pekerja yang ada di rumah ini. Sehingga arwah Erni dan para pekerjanya menjadi arwah-arwah penasaran yang terjebak di dalam rumah ini lalu menyebarkan terror kepada warga setempat dan siapa pun yang memasuki wisma ini.Karena kesedihannya suami Erni pun meninggalkan wisma ini sampai sekarang.

Konon menurut masyarakat yang tinggal tak jauh dari wisma mengatakan jika selain perwujudan hantu-hantu lainnya, hantu Erni sering menampakkan wujudnya di balkon wisma.

Demikian kisah tentang Wisma Erni yang sampai sekarang masih menjadi misteri. Wisma dan letak tanah yang strategis membuat Wisma Erni bernilai tinggi, tapi entah mengapa Wisma itu dibiarkan terbengkalai begitu saja. Apakah ahli waris dari rumah itu menghilang semua atau memang wisma itu benar-benar angker sehingga membuat siapapun pembelinya akan berfikir berulang kali.

Entahlah.

Tidak ada komentar