8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan

8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan – Setiap manusia memiliki harapan dalam hidupnya, ada yang sudah tercapai dan masih banyak yang belum terkabulkan harapannya. Bagi mereka yang belum terkabulkan harapannya, mereka berusaha untuk dapat mewujudkannya dengan berbagai cara salah satunya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki mitos dapat mengabulkan doa dan harapan.

8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan

Sebelumnya spot-misteri mengulas tentang 12 Tempat Wisata Dengan Mitos Cinta, maka kali ini akan mengulas 8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan. Terlepas dari pro dan kontra, masih banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai adanya mitos-mitos yang berkaitan dengan suatu tempat seperti ziarah ke makam wali-wali, makam atau tempat keramat lainnya dan tempat wisata yang dikeramatkan.

Berbagai macam harapan yang ingin disampaikan saat mengunjungi tempat wisata dengan mitos pengabul harapan ini, seperti mengharapkan keturunan, rezeki, keselamatan, panjang umur dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan.

1.    Meriam Si Jagur Museum Fatahilah

Bagi anda yang pernah berkunjung ke Museum fatahilah yang berada di kota tua Jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan Meriam ‘Jari Porno’ Si jagur yang sangat ikonik. Namun dibalik figurnya yang kontroversial, meriam ini menyimpan mitos sebagai pemberi kesuburan.

Seperti diketahui, bagian tangan wanita dengan gelang yang berada di sisi belakang meriam dipercaya sebagai lambing kesuburan. Sehingga tidak sedikit pasangan atau wanita  yang melakukan ikhtiar di depan meriam untuk meminta kesuburan.

Kini Meriam Si Jagur sudah dipindahkan dari bagian dalam ke bagian luar museum Fatahilah. Letaknya tidak jauh dari Kantor Pos dan café Batavia sehingga tidak perlu masuk ke dalam museum.

2.    Air Terjun Mata Buntu di Luwu Timur

Bagi masyarakat Luwu Timur, Sulawesi Selatan, nama air terjun Mata Buntu yang memiliki mitos pembawa kesuburan, sudah cukup dikenal. Di undakan paling atas, dapat ditemui sebuah batu berbentuk alat kelamin pria yang konon dapat membantu pasangan yang belum dikaruniai keturunan.

3.    Candi Sukuh

Di kaki gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, berdiri dengan megah sebuah candi yang bernama Candi Sukuh.  Berbeda dengan candi-candi lainnya, Candi Sukuh memiliki bentuk seperti piramida suku Maya yang ada di Amerika latin.

Candi Sukuh dibangun pada era kerajaan Majapahit untuk memuja dewa kesuburan sehingga di salah satu lantainya terdapat patung Lingga dan Yoni yang merupakan symbol kesuburan. Sehingga banyak pengunjung yang belum dikaruniai momongan yang melakukan ikhtiar batin di tempat ini.

Baca Juga : Misteri candi Sukuh

4.    Batu Pengabul Permintaan di Tanah Datar

Nagari Sungayang di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat memiliki batu Angkek-angkek yang mitosnya, siapa saja yang bisa mengangkatnya maka segala harapan akan terkabul termasuk harapan memiliki anak.

Ukuran batunya, sebesar piring da nada lagi yang lebih besar. Diperkirakan, batu-batu tersebut merupakan peninggalan zaman purbakala. Batu-batu itu berada di dalam rumah gadang berukuran 4x16 meter milik warga Suku Piliang yang sudah berumur lebih dari 104 tahun.

5.    Air Pengabul Doa di Papua

Jauh di dalam hutan belantara Papua, tersimpan sumber mata air yang mitosnya mampu mengabulkan doa yang disebut Air Keramat Tipagau yang berada di desa Ugimba, kabupaten Intan Jaya, Papua.

Mitosnya, hanya keluarga keturunan marga Tipagau saja yang bisa berdoa di Air Keramat ini dan diakbulkan doa-doanya. Sumber mata air ini dapat ditemui di pintu masuk desa ugimba melalui jalan darat dari Sugapa. Mata airnya keluar dari dalam tanah lalu mengalir ke sungai Kemabu.

6.    Sumur Jalatunda Wonosobo

Sumur Jalatunda berada di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya berada di kawasan Dieng zona 2 dekat bukit Cemeti. Sebenarnya, Jalatunda bukanlah sumur melainkan  kolam alami yang terbentuk karena letusan dahsyat gunung pada ribuan tahun yang silam.

Mitosnya, jika kita dapat melempar batu melintasi sumur dan menganai dinding tebing, maka cita-cita dan harapan kita akan tercapai.

7.    Pohon Harapan di Danau Satonda

Danau Satonda termasuk salah satu objek wisata alam yang menawan di pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB.  Di tepi Danau Satonda terdapat sebuah pohon dengan ranting yang digantungi batu  yang dianggap sebagai pohon keramat.

Batu-batu yang digantung di ranting pohon itu merupakan lambing permohonan atau doa dari orang-orang yang menggantungnya. Jika sudah terkabul maka batu yang sudah digantung akan diambil kembali. Walaupun batu-batu yang digantung memiliki bentuk yang hampir sama, uniknya warga setempat tetap bisa membedakan batu mana yang menjadi miliknya.

8.    Beringin Kembar Alun-alun Kidul Yogyakarta

Mitos pohon Beringin yang berada di alun-alun kidul Yogyakarta sudah menjadi legenda, tidak hanya di Indonesia bahkan sudah sampai ke manca Negara. Tradisi Masangin yaitu tradisi berjalan diantara celah pohon beringin dengan mata tertutup  adalah tradisi yang sering dilakukan oleh turis lokal maupun manca Negara untuk mencoba peruntungannya.

8 Tempat Wisata Di Indonesia Dengan Mitos Pengabul Harapan
Sumber Gambar : Detiktravel

Baca Juga :  

Mitosnya, orang yang berhasil melintasi celah kedua pohon Beringin tersebut dengan mata tertutup berarti hatinya bersih dan lapang sehingga semua permintaannya akan terkabul.

Selain itu ada mitos lain yang mengatakan jika pohon Beringin kembar tersebut merupakan pintu gerbang laut selatan yang merupakan istana Kanjeng Ratu Kidul.

Tidak ada komentar