Review Film Ghost (1990) : Sisi Romantis Hantu

Review Film Ghost (1990) : Sisi Romantis Hantu - Film Ghost yang terkenal pada era 90’ adalah film hantu romantis pertama yang saya tonton. Ternyata fenomena tentang hantu atau mahluk gaib tidak hanya dimiliki oleh orang Asia atau orang Indonesia saja, orang Amerika yang sudah memiliki teknologi lebih maju juga mengenal hantu.  Terbukti dengan kemunculan film ‘Ghost’ yang menjadi Box Office dan mendapatkan Grammy Award serta penghargaan lainnya.


gambar film ghost 1990

Sinopsis

Sam Wheat, seorang Bankir dan Moly Jensen, seorang seniman adalah dua orang yang saling mencintai. Mereka sudah lama hidup bersama meskipun belum menikah dan tinggal di sebuah apartemen di kota New York.

Awal mula permasalahan ketika Sam menemukan perbedaan dalam beberapa rekening bank yang dimiliki oleh teman baiknya yaitu Carl Bruner. Sam menaruh curiga lalu melakukan penyelidikan sendiri meskipun Carl menawarkan untuk melakukannya bersama.

Suatu malam, Sam dan Molly pulang dengan berjalan kaki sehabis menonton film Macbeth, Moly mengungkapkan keinginannya untuk menikah kepada Sam. Moly ragu akan cinta Sam kepadanya karena Sam tidak pernah mengatakan 'Aku mencintaimu' kepada Moly. Setiap kali Moly mengatakan 'Aku mencintaimu', Sam selalu menjawab dengan kata 'Ditto', yang artinya 'Aku juga'.

Tiba-tiba dari sudut gang, muncul seorang penjahat menghampiri Sam dan Moly. Penjahat itu menodongkan pistol ke arah Sam dan meminta dompet Sam. Sam tidak mau memberikan dompetnya begitu saja. Sam memberikan perlawanan. Terjadilah aksi berebut pistol antara Sam dan penjahat. Sam akhirnya tertembak dan meninggal saat itu juga.

Roh Sam keluar dari tubuhnya. Sam melihat Moly sedang menangis dan memegang tubuhnya yang berlumuran darah. Sam sadar dirinya sudah mati. Sekarang, ia dan Moly berada di  dua dunia yang berbeda.

Sebenarnya Sam sudah dijemput malaikat, dalam film ini digambarkan berupa cahaya putih namun berhubung dia belum rela meninggalkan dunia dan masih sangat menyayangi Molly, maka ia tidak mengikuti cahaya tersebut sehingga menjadi arwah penasaran.

Banyak hal yang membuat Sam menjadi penasaran. Kenapa kematiannya begitu mendadak?  Bagaimana nasib kekasihnya jika harus ditinggalkan seorang diri? Siapa yang membunuhnya dan apa penyebabnya? Apakah ini sebuah kecelakaan atau sudah direncanakan?

Di tengah kebingungannya tiba-tiba Sam sadar bahwa pembunuhan dirinya bukanlah hal yang tidak disengaja, dan ternyata sekarang para penjahat itu mengincar Molly sebagai korban berikutnya.

Karena Sam sangat mencintai Moly, maka roh Sam senantiasa menemani dan berusaha melindungi Moly di apartemennya meskipun Moly tidak dapat merasakan kehadirannya. Hanya seekor kucing peliharaan Sam, Kitty yang dapat merasakan kehadiran Sam.

Hingga pada suatu hari, saat Moly keluar sebentar meninggalkan apartemen bersama Carl (Tony Goldwyn), rekan kerja Sam, seseorang secara diam-diam masuk ke dalam apartemen Moly. Sam yang masih berada didalam apartemen itu mengetahuinya dan terkejut karena orang itu adalah penjahat yang membunuhnya.

Pembunuh itu mencari sesuatu di dalam apartemen Moly. Moly yang kembali ke apartemennya  hampir saja menjadi korban kejahatannya. Untungnya, Sam dapat menolong Moly melalui kucingnya, Kitty.

Sam segera pergi dan mengikuti kemana pembunuh itu pergi. Hingga sampailah Sam di apartemennya. Pembunuh itu menghubungi seseorang melalui telepon. Sam yang ikut mendengarkan sadar bahwa Moly berada dalam bahaya. Seseorang di seberang telepon itu telah menyuruh pembunuh itu untuk membunuhnya dan mencari sesuatu di apartemen Moly.

Sam sangat mengkhawatirkan keselamatan Moly, sehingga ia mencari cara agar dapat memberi tahu Molly bahwa ada bahaya yang mengancam keselamatannya. Sam berusaha minta bantuan seorang paranormal yang bisa berkomunikasi dengan roh orang yang sudah meninggal.

Sam akhirnya menemukan Oda Mae Brown (Whoopi Goldberg). Oda Mae adalah seorang paranormal yang membuka praktek paranormal tipuan. Oda mengklaim dirinya dapat berkomunikasi dengan roh orang yang sudah meninggal.

Pada saat ia sedang menerima pasien, tanpa sengaja Oda dapat berkomunikasi dan dapat merasakan kehadiran Sam meskipun Oda tidak dapat melihat Sam. Sam lalu meminta tolong  Oda untuk memberitahu Moly jika ia sedang dalam bahaya.

Namun Molly tidak percaya, ditambah lagi dengan Carl yang meyakinkan Molly bahwa aksi Oda Mae adalah suatu modus penipuan serta keterangan Polisi yang menyatakan jika Oda Mae adalah seorang Penipu terkenal.

Sam bingung, hingga ia bertemu dengan hantu lain yang lebih senior. Hantu itu bisa menyentuh benda-benda fisik yang diinginkannya. Sam  berusaha untuk bisa berbuat layaknya hantu itu dan ia belajar kepada hantu senior yang ditemuinya di kereta api.

Dengan susah payah, Sam belajar menyentuh benda-benda fisik yang ada di sekitarnya dan akhirnya berhasil. Kemudian Sam kembali mendatangi Oda Mae.

Berbagai cara dilakukan Sam agar Moly mau mempercayai Oda. Sam memberitahu Oda untuk menyebut semua hal agar Moly mempercayai Oda. Mulai gambar yang ada di baju dalam Moly, ukuran baju Moly yang kebesaran. Tapi semua itu sia-sia, Moly masih tetap tidak percaya.

Hingga setelah Sam meminta Oda menyampaikan bahwa Sam mencintai Moly dengan kata 'Ditto', barulah Moly percaya.

Pesan yang disampaikan Oda ternyata benar, Carl yang frustasi karena sedang terlibat kasus pencucian uang datang dan berusaha membunuh kedua orang itu. Molly dan Oda dibantu Sam mencoba melawan Carl. Akhirnya pembunuhan itu bisa digagalkan dan Carl Bruner mati.

Ulasan

Penampilan Demi Moore di film ini sangat mempesona, kecantikannya sungguh tampak alami dan potongan rambutnya menjadi trend saat itu. Sementara itu, Patrick Swayze sudah meninggal pada tahun 2009 karena kanker pankreas yang dideritanya.

Pesan moral yang ingin disampaikan dalam film Ghost ini menurut kacamata penulis adalah :
  1. Keterikatan Duniawi akan menghalangi Roh atau arwah orang yang sudah meninggal menuju alam selanjutnya sehingga menjadi arwah gentayangan atau arwah penasaran. Seperti yang terjadi pada Sam, karena ikatan cinta yang membelenggu dirinya membuatnya menjadi arwah penasaran. Setelah rasa penasarannya hilang atau sudah terpenuhi dengan menyatakan rasa cintanya kepada Molly dan menyelamatkan Molly dari marabahaya, barulah Sam dapat meninggalkan dunia dengan tenang.
    Kedua, seperti yang dialami Hantu Senior yang menjadi guru Sam. Hantu ini tidak dapat melepaskan ikatan duniawinya berupa keinginan untuk merokok. sehingga membuatnya menjadi arwah penasaran.
     
  2. Hantu atau arwah orang yang sudah meninggal berusaha melakukan komunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan untuk menyampaikan pesan. Karena tidak dapat melakukannya sendiri, para arwah itu memanfaatkan tubuh orang yang masih hidup. Seperti apa yang dilakukan oleh Oda Mae dengan praktek paranormalnya. Arwah-arwah itu bergiliran merasuki tubuh Oda Mae lalu menyampaikan pesan-pesannya kepada keluarganya.
    Baca Juga : Kerasukan Massal
  3. Surga dan Neraka, Semua perbuatan manusia baik atau buruk pasti akan mendapatkan balasan. Perbuatan baik akan mendapatkan Surga sedangkan perbuatan jahat akan mendapatkan Neraka Hal ini digambarkan pada akhir cerita ketika Sam dijemput cahaya putih yang membawanya ke alam selanjutnya dan Sam terlihat bahagia sementara Carl Bruner dijemput cahaya hitam atau bayangan hitam dengan rasa ketakutan.

Demikian review film Ghost yang mengetengahkan sisi romantic dari drama kehidupan manusia. Meskipun sudah berpisah dimana salah seorang sudah meninggal, ikatan cinta dan berbagai perasaan yang menyertainya tidak akan hilang begitu saja.

Untuk melihat kembali film Ghost silahkan buka video dibawah ini.

Tidak ada komentar