Misteri Wewe Gombel : Hantu Yang Suka Menculik Anak Kecil

Misteri Wewe Gombel : Hantu Yang Suka Menculik Anak Kecil - Wewe Gombel adalah nama yang menyeramkan bagi telinga anak-anak kecil karena nama Wewe Gombel selalu disebut oleh ibu mereka untuk menakuti dan melarang anak-anak tersebut keluar rumah, terutama saat menjelang Maghrib atau pada malam hari.

gambar wewe gombel

Hal itu cukup beralasan jika mengingat banyak peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita tentang hilangnya seorang anak yang pelakunya ternyata adalah wewe gombel ini. Meskipun sang anak akhirnya ditemukan tanpa luka hanya sedikit linglung dan ditinggalkan begitu saja dalam rimbunnya pepohonan.

Cara untuk mencari anak yang hilang dibawa wewe gombel ini terbilang unik, karena dilakukan dengan berkeliling rumah atau kampung terutama di daerah yang banyak pepohonan sambil menabuh tampah atau apa saja yang menimbulkan bunyi.

Konon anak yang hilang itu disembunyikan dibalik payudaranya, ketika mendengar bunyi tetabuhan, wewe gombel akan berjoget sehingga anak yang disembunyikannya terlepas sehingga diketemukan orang.

Asal Usul

Wewe adalah jenis mahluk halus berjenis kelamin wanita atau cewek yang menyukai anak-anak kecil sebagai perwujudan keinginannya untuk memiliki anak. Kisah Wewe ini beragam dan banyak versinya tergantung daerah asalnya karena di setiap daerah di Indonesia cerita tentang Wewe ini ada.

Menurut salah satu versi yang berkembang di masyarakat, Kolong Wewe atau Wewe Gombel ini adalah roh wanita yang dipercaya meninggal bunuh diri. Dia mengakhiri hidupnya setelah membunuh suaminya.

Sebelumnya dia dikejar-kejar warga akibat perbuatannya tersebut. Pembunuhan itu dia lakukan karena memergoki suaminya selingkuh dengan perempuan lain.

Konon katanya, sang suami selingkuh karena istrinya tidak dapat memberikan keturunan. Karena tidak bisa mempunyai anak, ia dibenci oleh suaminya dan dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel. Setelah mati bunuh diri, kemudian dia menjadi hantu Wewe Gombel.

Versi lainnya mengatakan bahwa Wewe adalah salah satu mahluk gaib dari golongan Jin, yaitu golongan wanita bangsa Jin yang mandul sehingga suka menculik anak-anak manusia yang sedang bermasalah dengan orang tuanya, ditinggal sendirian oleh orang tuanya atau ditelantarkan oleh orangtuanya.

Versi lainnya lagi mengatakan jika Wewe Gombel ini adalah Gendruwo Cewek atau Gendruwo perempuan sehingga disebut wewe yang artinya perempuan atau cewek. Konon, Gendruwo tidak ada yang berjenis kelamin perempuan.

Tentang Asal usul nama wewe gombel ini konon berasal dari daerah 'Bukit Gombel' di Semarang, Jawa Tengah. Sehingga nama itu menjadi nama yang lebih dikenal oleh masyarakat meskipun sang Wewe bukan berasal dari bukit Gombel.

Gambaran tentang sosok Wewe Gombel atau Kolong Wewe ini adalah sosok wanita dengan rambut panjang terurai sampai ke pantat dan memiliki payudara atau buah dada yang besar, menjuntai seperti buah pepaya.

Mitos lain mengatakan bahwa anak-anak yang diculik oleh Wewe Gombel akan di beri makan dengan kotoran manusia, daun-daunan dan kotoran hewan lainnya. Dimata sang anak semua kotoran dan daun-daunan itu terlihat seperti makanan yang enak dan jarang disajikan dirumahnya. Jika anak itu tidak mau makan maka Wewe Gombel akan menyuapi anak-anak tersebut dengan paksa.

Demikian, ulasan tentang Wewe Gombel salah satu mahluk halus yang suka dengan anak-anak kecil.

Saran Bagi orang tua :

  1. Jangan tinggalkan anak anda terutama yang masih bayi sendirian tanpa ada seseorang yang menunggunya terutama waktu Maghrib.
  2. Jangan biarkan anak anda berada diluar rumah saat Maghrib.
  3. Jangan marahin anak anda saat Maghrib sehingga anak tersebut lari keluar rumah atau minggat.
  4. Jangan bertengkar dengan istri atau suami saat Maghrib hingga menyebabkan anak-anak anda stress lalu pergi keluar rumah.
Karena waktu Maghrib adalah waktu bagi Wewe mencari mangsa yaitu anak-anak yang kehilangan kasih sayang orang tuanya meskipun hanya sebentar. Karena kasih sayang orang tua terhadap anak adalah salah satu ikatan yang melindungi anak dari gangguan mahluk halus seperti Wewe Gombel ini.

Tidak ada komentar