Mitos Dan Fakta Dibalik Jatuh Di Kamar Mandi

Mitos Dan Fakta Dibalik Jatuh Di Kamar Mandi – Bagi masyarakat Indonesia, mitos jatuh di kamar mandi akan membuat penyakit yang diderita seseorang semakin bertambah parah bahkan mengakibatkan kematian, seolah sudah melekat dalam pola fikir dan menjadi satu keyakinan. Pada umumnya, dihubungkan dengan segala sesuatu yang berbau mistis,namun faktanya tidak demikian.

Mitos Dan Fakta Dibalik Jatuh Di Kamar Mandi

Kamar mandi memang diyakini menjadi sarang mahluk gaib sehingga banyak orang melarang mematikan lampu kamar mandinya karena semakin gelap maka kamar mandi tersebut semakin banyak penghuni yang kasat mata. Apalagi jika kamar mandi tersebut kotor dan jarang dibersihkan karena mahluk gaib tertentu menyukai tempat-tempat yang kotor dan gelap.

Tidak dapat dipungkiri, banyak kejadian di masyarakat yang berkaitan dengan kamar mandi dan penghuni gaibnya seperti kran air yang menyala sendiri, munculnya aroma aneh dan mengalami kesurupan setelah jatuh dari kamar mandi. Sehingga disarankan bagi kita untuk selalu membaca doa memohon perlindungan Tuhan dari godaan dan gangguan mahluk halus saat masuk ke kamar mandi.

Baca Juga : 

Namun, sebaiknya selain memperhatikan keberadaan mahluk gaib yang tinggal di kamar mandi, kita juga harus memperhatikan kebersihan serta keamanan kamar mandi kita. Jaga agar kamar mandi tidak licin terutama dari sisa-sisa sabun, shampoo dan bahan-bahan yang mengakibatkan lantai menjadi licin. Kemudian ganti lantai yang terbuat dari keramik licin dengan keramik yang kesat atau agak kasar.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kemungkinan seseorang jatuh di kamar mandi dan mengakibatkan stroke bahkan kematian.

Fakta Jatuh di Kamar Mandi


Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi ketika seseorang jatuh di kamar mandi.

Pertama, karena faktor keseimbangan tubuh. 

Umumnya, orang pergi ke kamar mandi pada pagi atau malam hari karena kebelet buang air kecil atau besar. Saat baru bangun dari tidur biasanya tekanan darah meningkat dan keseimbangan tubuh belum normal. Ketika terjatuh akan berbahaya karena memicu kerusakan pembuluh darah di otak, sehingga beresiko stroke dan kematian.

Kemungkinan kedua, Lantai yang licin.

Biasanya seseorang memasuki kamar mandi dengan tergesa-gesa karena menahan hajat baik hajat kecil maupun hajat besar. Di saat itulah, kewaspadaan kita berkurang sehingga saat memasuki kamar mandi kurang berhati-hati ditambah lagi dengan kondisi lantai yang licin, maka akan menyebabkan kita terjatuh.

Saat menghadapi kondisi seperti ini, pertolongan pertama, menjadi hal yang sangat penting. Dan, setiap detik sangat berharga, karena, apabila tidak ada pertolongan pertama tentu bakal menyebabkan gangguan di otak yang lebih parah. Hal itu pula yang menjadi penyebab kematian orang yang terjatuh di kamar mandi, karena tidak segera mendapat pertolongan pertama yang cepat dan tepat.

Bahaya lainnya datang karena benturan-benturan saat terjatuh, mengingat sudut-sudut kamar mandi umumnya runcing. Kondisi yang paling berbahaya apabila benturan mengenai kepala dan terjadi perdarahan di otak. Sehingga pendarahan itu bisa menyebabkan kematian.

Tips Aman Saat Mandi 

Salah satu penyebab seseorang jatuh dan terkena stroke saat berada di dalam kamar mandi adalah cara mandi yang salah. Ternyata mandi pun memiliki tata cara yang aman bagi kesehatan terutama apabila kita sudah memasuki masa jelita atau jelang lima puluh tahun keatas dimana daya tahan dan kekuatan tubuh sudah banyak berkurang.

Mitos Dan Fakta Dibalik Jatuh Di Kamar Mandi

Pada waktu saya mengikuti kursus gaya hidup sehat, seorang penceramah dari  universitas di malaysia, UITM yang juga terlibat dengan kegiatan olah raga negara memberi nasehat supaya pada waktu mandi. jangan membasahi kepala dulu tapi dahulukan membasahi bagian badan.

Hal yang menjadi alasannya, ketika kepala basah dan dingin, maka darah semua akan mengalir ke kepala  untuk memanaskan kepala yang disebut logika 'warm blooded human', dan jika ada saluran darah sempit, maka dapat terjadi kondisi saluran darah pecah sehingga terjadi stroke yang berujung kematian.

Hal ini serin terjadi di kamar mandi.

Berikut cara mandi yang benar :
1. Pertama siramkan air di telapak kaki.
2. Kemudian dilanjutkan dengan segayung di betis.
3. Segayung di paha.
4. Segayung di perut.
5. Segayung di bahu.
6. Berhentilah sejenak 5-10 detik.

Kita akan merasakan seperti uap/ angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang,
setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa.

Ibaratnya : Seperti pada gelas yang diisi air panas kemudian kita isi dengan air dingin, maka apa yang terjadi?

Gelas akan retak !!!

Jika terjadi pada tubuh kita maka apa yang akan retak?

Karena suhu tubuh kita cenderung panas dan air itu dingin, maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiram pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi terperangkap dan dapat membawa maut karena pecahnya pembuluh darah. Maka sebab itu kita sering menjumpai orang jatuh di kamar mandi tiba-tiba kena 'stroke'.

Kemungkinan lainnya bila cara mandi kita salah akan menyebabkan :
  • Sering mengalami masuk angin
  • Sering migrain
Cara mandi ini baik bagi semua peringkat umur terutama yang mempunyai sakit diabetes, darah tinggi, kolesterol dan migrain/ sakit kepala sebelah.


Kesimpulan

Demikian pembahasan spot-mistery tentang mitos dan fakta dibalik jatuh di kamar mandi. Memang terlihat sepele namun bila kita tidak berhati-hati, hal sepele tersebut dapat mengakibatkan resiko yang lebih besar bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Memang rejeki, jodoh dan maut ada di tangan Tuhan, namun sebagai manusia kita wajib berusaha dengan cara lebih berhati-hati terutama saat berada di kamar mandi. Karena selain adanya kemungkinan gangguan mahluk gaib juga dapat menyebabkan kecelakaan karena terpeleset atau hilang keseimbangan.

Semoga Bermanfaat.

Artikel Lainnya :


Tidak ada komentar